halaman

Pencarian

Jumat, 24 Oktober 2014

ISC (Idle Speed Control) RPM naik turun

ISC  (Idle Speed Control)

Begitu banyak masalah di ISC maka saya merangkum dari beberapa sumber dan menyimpulkan permasalahan di ISC , bila ada kekurangannya mohon dibetulkan
.
Ini beberapa signal Input Output atau I/O yang mempengaruhi bekerjanya ISC

1.    RPM Signal (Ne)  Sinyal Ne adalah salah satu input yang paling penting untuk  menentukan operasi yang tepat dari sistem ISC. Sensor ini memberikan  umpan balik RPM mesin 

2.    TPS
Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi utama TPS itu membaca sudut pembukaan throtel dan menentukan apakah throtel membuka atau menutup (IDL) . Khusus untuk (IDL) inilah memberikan signal ke ecu untuk menentukan perintah ke aktuator ISC. Ketika kontak IDL ditutup dan kendaraan tidak bergerak, ECU output memberikan sinyal ke ISCV tersebut. Ketika kontak IDL terbuka, ISC system ISC  tberfungsi.

3.    Engine Coolant Temperature (THW).
ECU menggunakan sinyal THW untuk menentukan temperatur cairan pendingin engine untuk kontrol ISC kecepatan idle dalam semua kondisi suhu mesin

4.    Vehicle Speed (SPD)
Sistem ISC tidak berfungsi ketika kendaraan bergerak. ECU memonitor sinyal SPD dari sensor kecepatan kendaraan untuk menentukan kapan untuk mengoperasikan ISCV tersebut. Jika kontak IDL ditutup dan tidak ada sinyal SPD terdeteksi, ECU akan menampilkan sinyal ke ISCV tersebut.

5.    Electrical Load Sensor (ELS)
ELS sirkuit sinyal ECU ketika beban listrik membrikan perubahan yang signifikan. ECU menggunakan informasi ini untuk meningkatkan rasio siklus pada ISC Valve, dengan demikian mempertahankan kecepatan idle stabil pada waktu beban electrical berungsi

6.    A/C signal atau AC Compressor Signal
(A / C) digunakan untuk menentukan kapan kompresor AC sedang loading. Sinyal digunakan terutama sebagai indikasi untuk meningkatkan aliran udara ISC untuk menstabilkan kecepatan idle. Input A/C juga digunakan oleh ECU untuk memodifikasi waktu pengapian
Sinyal A/C di ECU akan tinggi setiap Compressor A/C bekerja. Bila daya tidak ada pada Compressor A/C, maka dihapus signal A/C ke ECUjuga terputus.

7.    Engine Cranking Signal (STA)
Sinyal STA digunakan oleh ECU untuk memberikan  udara tambahan untuk masuk intake manifold saat cranking mesin. Selain itu, digunakan untuk menentukan kapan untuk memperkaya injeksi  dan mengaktifkan ISC dan menentukan kapan untuk mengoperasikan Fuel Pressure-Up (FPU) . dengan kata malfungsi sinyal STA, menyebabkab mesin sulit hidup


Itulah kurang lebihnya yang menentukan pesrmasalahan ISC yang sering kali terjadi di mobil. Dan banyak yang mengira permasalahannya hanya terletak pada sensor ISC padahal penentunya masih banyak yang mempengaruhi seperti hal di atas.

Sekali lagi maaf bila ada salahnya

Nama       : Agus yulianto         www.obd2jatim.com         Http://Toolsteknik.blogspot.com
Alamat     : Puri Astapada Indah 2 Blok K/6 RT/RW 03/08 Plosogeneng Jombang, 61416 Jawa Timur
Telp         : 081332787811


Facebook Agus Yuli Obd Jatim

Lokasi toko/rumah Google map




0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by http://agusyulianto2.blogspot.com/ | Bloggerized by Agus Y